Desa Mekar Jaya Juara Satu Lomba Desa Tingkat Provins

BATULICIN – Desa Mekar Jaya Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) sukses meraih juara satu dalam ajang lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2016.

Berkat prestasinya itu, tidak lama lagi Desa Mekar Jaya ditetapkan untuk mewakili daerah Provinsi Kalsel dalam ajang lomba desa regional 3 Kalimantan dan Sulawesi. Demikian informasi yang terhimpun dari Bagian Humas Setda Tanbu di Batulicin, Kamis.

Desa Mekar Jaya sukses meraih juara satu mengalahkan desa yang lain dari 13 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kalsel. Disusul dengan juara kedua yang diraih Desa Warukin Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, dan juara ketiganya diraih Desa Panjampang Bahagia Kecamatan Simpur Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Untuk juara harapan satu, telah diraih Desa Kadundung Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah, juara harapan dua Desa Asam-asam Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut, dan Juara Harapan Tiga Desa Abumbun Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Keberhasilan Desa Mekar Jaya meraih juara satu tersebut mendapatkan apresiasi positif dari Bupati Tanbu, Mardani H Maming. Pretasi itu diharapkan menjadi sebuah motivasi bagi desa yang lain, sekaligus menjadi penyemangat baru bagi pemerintah Desa Mekar Jaya agar bisa kembali sukses meraih juara di tingkat regional Kalimantan dan Sulawesi. 

“Prestasi ini membuktikan, bahwa Tanah Bumbu sebenarnya mampu bersaing dengan kabupaten lain. Meskipun daerahnya masih tergolong kabupaten baru di Provinsi Kalimantan Selatan,” Kata Mardani.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Suwignyo, juga menegaskan bahwa proses penetapan Desa Mekar Jaya sebagai juara pertama dalam ajang lomba desa tingkat provinsi sebelumnya telah didasarkan atas SK Gubernur Kalimantan Selatan Nomor: 188.44/0362/KUM/2016, tentang Penetapan Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2016.

Dengan prestasi tersebut, pemerintahan Desa Mekar Jaya dianggap layak untuk menerima Piagam Penghargaan dari Gubernur Kalimantan Selatan, trofi kejuaraan, dan hadiah berupa bantuan uang dari Gubernur Kalimantan Selatan.
“Lebih dari pada itu, Desa Mekar Jaya juga telah disiapkan untuk mewakili daerah Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengikuti lomba desa ke tingkat regional Kalimantan dan Sulawesi,” katanya.
 
Lomba desa dan kelurahan, jelas Suwignyo, dimaksudkan untuk memotivasi dan mendidik masyarakat desa agar lebih memiliki semangat dalam membangun desanya yang berazaskan nilai-nilai kegotongroyongan.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran pemerintahan desa khususnya di Desa Mekar Jaya yang sudah bekerja keras membangun desanya sehingga desa tersebut saat ini sukses meraih juara.  
 
“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pemerintah desa dan semua pihak yang sudah terlibat dan bekerja keras membangun desa. Sehingga Desa Mekar Jaya saat ini sukses meraih juara dan akan mewakili Kalsel dalam lomba desa ketingkat yang lebih tinggi,” tegas Suwignyo. (WT/relhum)

Bagikan video ini :
 
PRODUKSI : PT. WARTATANBU TERA VISUAL | TENTANG KAMI | PEDOMAN MEDIA SIBER
Copyright © 2011. I Berita daerah I Faktual, Aktual dan Berimbang
Portal berita I www.wartatanbu.com ILiputan Aktual Seputar Kab.Tanah Bumbu
KALIMANTAN SELATAN - INDONESIA