15 Anggota Baru Damkar Tingkatkan Keterampila



BATULICIN – Badan Penangulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) melatih anggota pemadam kebakaran. Mereka yang dilatih adalah anggota baru. Sebanyak 15 orang mengikuti pelatihan selama satu bulan di posko pemadam kebakaran di Kecamatan Simpang Empat. Pelatihan bagi anggota baru tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota damkar sehingga memiliki kemampuan khusus dalam hal penanggulangan bencana pada saat terjadi kebakaran. 

Menurut Kepala BPBD Tanbu Mariani melalui Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana, Abdul Rahim, Kamis (14/7), mengatakan dengan pelatihan yang diberikan kepada anggota baru tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dikatakan Abdul Rahim, dalam beberapa minggu terakhir ini, di Tanah Bumbu khususnya di Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Kusan Hilir terjadi kebakaran sehingga kesiapsiagaan dan reaksi cepat dari petugas pemadam kebakaran dalam hal menghadapi musibah kebakaran harus cepat dan tangkas. Sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun korban harta yang dapat di minimalisir. 

Adapun materi pelatihan yang diberikan kepada anggota baru, sebut Abdul Rahim yaitu pelatihan baris-berbaris, latihan fisik, pengenalan alat pemadam, pencegahan bahaya kebakaran, cara memadamkan api, dan tekhnik menggunakan apar. Selain itu, materi lainnya yakni tekhnik pemadaman di perumahan, tekhnik pemadaman hutan dan lahan, serta tekhnik pendataan pasca kebakaran. (relhum)
Bagikan video ini :
 
PRODUKSI : PT. WARTATANBU TERA VISUAL | TENTANG KAMI | PEDOMAN MEDIA SIBER
Copyright © 2011. I Berita daerah I Faktual, Aktual dan Berimbang
Portal berita I www.wartatanbu.com ILiputan Aktual Seputar Kab.Tanah Bumbu
KALIMANTAN SELATAN - INDONESIA