Tingkatkan Kemampuan, Tanbu Datangkan Qori Tingkat Internasional Jadi Narasumber Diklat


BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan putra dan puteri daerah agar terus berprestasi dan mampu bersaing dengan daerah lain di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bahkan pada tingkat Nasional. Satu dari komitmen dan kesungguhan Pemkab Tanbu tersebut yaitu dengan mengundang qori-qoriah berpengalaman di tingkat Internasional untuk menjadi narasumber pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengembangan Tilawatil Qur’an tahun 2016.

 Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu, Drs. H. Said Akhmad, MM pada saat membuka Diklat Pengembangan Tilawatil Qur’an Tahun 2016, Minggu (28/8) di Masjid Agung Nurussalam Gunung Tinggi, Batulicin, mengatakan dengan didatangkanya secara khusus narasumber berkelas nasional dan internasional tersebut pemerintah daerah berkeinginan untuk mencetak putera dan puteri daerah Tanbu untuk menjadi qori dan qoriah yang berprestasi dan dapat mengharumkan nama daerah. Selain itu, sebut Sekda, pemerintah daerah juga terus melakukan pembinaan terhadap qori dan qoriah Tanbu. 

“Sehebat apapun jika tidak di bina hasilnya juga tidak maksimal” ujar Sekda. Beberapa upaya terus dilakukan Pemkab Tanbu untuk meningkatkan pengembangan tilawatil qur’an di Tanbu, seperti mendatangkan guru-guru agama dari luar daerah serta mengirim qori-qoriah keluar daerah untuk belajar ilmu agama. Sementara itu, Kabag Kesra Tanbu Hj. Nooryana mengatakan pihaknya mengundang qori dan qoriah yang berpengalaman mengikuti lomba di tingkat Internasional untuk menjadi narasumber.

 Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kualitas qori-qoriah Kabupaten Tanah Bumbu. Dikatakan Hj. Nooryana, pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh Bagian Kesra Tanbu bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tanbu dan Kementerian Agama (Kemenag) Tanbu tersebut juga sebagai persiapan Kabupaten Tanah Bumbu untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke 29 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan di Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) pada bulan Desember 2016 mendatang. Adapun peserta pelatihan sebanyak 100 orang utusan masing-masing kecamatan se-Kabupaten Tanah Bumbu. sedangkan narasumber yakni Drs. H. Muhammad Abduh, M.Si yang merupakan Dewan Hakim Qiro’at Prov. Kalsel, Hj. Alfisah Arsyad yang merupakan Qoriah Internasional sekaligus Dewan Hakim Nasional MTQ Nasional, dan H. Muhammad Yusuf, S.Sos,i Qori Internasional. (rel/wtol)
Bagikan video ini :
 
PRODUKSI : PT. WARTATANBU TERA VISUAL | TENTANG KAMI | PEDOMAN MEDIA SIBER
Copyright © 2011. I Berita daerah I Faktual, Aktual dan Berimbang
Portal berita I www.wartatanbu.com ILiputan Aktual Seputar Kab.Tanah Bumbu
KALIMANTAN SELATAN - INDONESIA