KEMENPAR RI TARGETKAN 20 JUTA KUNJUNGAN WISMAN 275 Juta WISNUS BANJARMASIN



– Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) terus berkomitmen meningkatkan dan membenahi sarana dan prasarana di objek wisata unggulan daerah serta melakukan promosi wisata unggulan untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke Tanbu sehingga berdampak pula pada perekonomian masyarakat sekitar.

Hal tersebut seiring pula dengan keinginan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) yang menargetkan kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) sebanyak 20 Juta kunjungan dan 275 juta untuk kunjungan Wisatawan Nusantara (Wisnus). Target tersebut dimulai dari tahun 2016 hingga 2019.


Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemuda Olahraga  Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu (Disporbudpar Kab. Tanbu) HM. Thaha melalui Kepala Bidang Pariwisata, Samsir, saat dimintai keterangannya usai menghadiri Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Peningkatan Sumberdaya Manusia Pariwisata Menyongsong Promosi Pariwisata Digital yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata melalui Deputi Pengembangan SDM Kepariwisataan bekerjasama dengan Disporbudpar Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, belum lama tadi.


Bimtek yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 17 – 20 Oktober 2016 tersebut bertemakan “Peningkatan Starategi Pemasaran Melalui Promosi Cetak dan Go Digital Untuk Mendukung Target Kunjungan 20 Juta Wisman dan 275 Wisnus”.

Saat Bimtek tersebut, ujar Samsir, Disporbudpar Tanbu memaparkan kepada Tim Kementerian Pariwisata bahwa Kabupaten Tanah Bumbu mempunyai banyak potensi wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah lain. Seperti, Pantai Maritim Kota Pagatan, Pantai Rindu Alam,  Pantai Cemara Indah, Pantai Angsana, Pantai Wahana Batu Buaya, Wisata Alam Goa Liang Bangkai, dan Wisata Air Terjun yang telah dipayungi dengan dasar hukum tentang penetapan destinasi wisata unggulan sehingga Disporbudpar Provinsi dan Kementerian Pariwisata dapat mempromosikan dan membantu melengkapi Fasilitas Umum  Wisata Kab. Tanah Bumbu.


Menurut Samsir, dengan dilengkapinya fasilitas umum maka kunjungan wisman dan wisnus akan meningkat sesuai dengan keinginan Pemprov maupun Pemerintah Pusat.

“Disporbudpar Tanbu siap memberikan data objek wisata unggulan kepada Pemprov Kalsel maupun ke Kementerian Pariwisata. Selama ini kami juga telah melakukan pembinaan, penataan dan pengembangan daerah-daerah wisata unggulan daerah di Tanbu,” ujar Samsir seraya mengatakan dengan data tersebut objek wisata unggulan Tanbu mendapat perhatian dari Kementerian Pariwisata dan Pemprov Kalsel serta para Investor.

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi Media Online Kemenpan RI, Ir. Sutarjo, mengatakan data wisata unggulan maupun liputan kegiatan pariwisata agar dapat disampaikan ke Kementerian Pariwisata. Dan selanjutnya akan di promosikan oleh Kementerian Pariwisata.


Bimtek yang dihadiri oleh Disporbudpar Provinsi/Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan tersebut membahas dan merencanakan tentang promosi pariwisata seperti Goals, Pengenalan Pasar, Kebijakan Strategi Pasar, , Dukungan Go Digital Nasional, Destinasi Wisata Unggulan “Marketable”, Implementasi Digital Marketing, Best Practices, Media Rate Card, Sosmed, Endroser, TRAVEL Bloger, dan Media Monitoring.

Selain itu, Pemerintah Daerah juga di minta agar membenahi destinasi wisata unggulan daerah serta melakukan promosi Go Digital untuk mewujudkan target 20 Juta Kunjungan Wisman dan 275 Wisnus. (Relhum/wtol) 

Bagikan video ini :
 
PRODUKSI : PT. WARTATANBU TERA VISUAL | TENTANG KAMI | PEDOMAN MEDIA SIBER
Copyright © 2011. I Berita daerah I Faktual, Aktual dan Berimbang
Portal berita I www.wartatanbu.com ILiputan Aktual Seputar Kab.Tanah Bumbu
KALIMANTAN SELATAN - INDONESIA