Pelaku Usaha Mikro ikuti pelatihan pengemasan produk usaha

BATULICIN - Sebanyak 30 pelaku Usaha Mikro (UM) di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) dilatih cara pengemasan produk usaha.
Pelatihan yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop dan UM) Tanbu ini dilaksanakan di Aula Kantor Disnakertranskop UM, Gunung Tinggi, Batulicin, Selasa (15/5/2018).
"Pelatihan kemasan produk bagi pelaku usaha mikro tujuannya untuk meningkatkan kualitas kemasan dan packing produk sehingga dapat memperluas jaringan pemasaran serta dapat mendorong pengembangan produk usaha mikro," kata Kepala Disnakertranskop dan UM Tanbu Suhartoyo.
Kegiatan pelatihan kewirausahaan ini dilaksanakan tiga tahap. Tahap pertama pesertanya adalah wirausaha pemula yang dilatih cara pengemasan produk usaha kuliner. Tahap kedua untuk produk usaha kuliner dan kain tenun khas Pagatan, dan tahap ketiga akan ada lagi pelatihan pengembangan produk usaha.
Ditargetkan pada tahun 2018 ini ada sebanyak 90 pelaku usaha mikro atau wirausahawan yang dilatih teknik pengemasan hingga pemasaran produk usaha. Kegiatan pelatihan bagi pelaku usaha ini seiring dengan keinginan dari Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dan Wakil Bupati Sudian Noor yang terus berupaya menumbuhkan dan meningkatkan sektor usaha mikro di Tanbu agar berkembang dengan baik sehingga upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

Sementara itu, Kasi Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro pada Disnakertranskop dan UM Tanbu Rusdiana mengatakan peserta pelatihan merupakan pelaku usaha mikro dan 8 pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Yanng teridentifikasi se-Tanah Bumbu.

Rusdiana mengatakan materi yang diberikan oleh narasumber tentang kewirausahaan seperti langkah-langkah menjadi pengusaha mandiri dan visioner, serta teknik pengemasan produk usaha kuliner. Materi yang disampaikan kombinasi antara teori dan praktek langsung dengan narasumber praktisi enterpreuner muda M Taufik salah satu wirausaha muda yang sukses dan sudah memiliki jaringan pemasaran diberbagai wilayah.
Selain itu, narasumber juga dari Penyuluh Pekerja Sosial Masyarakat Disnakertranskop dan UM Tanbu Ibu Yuli yang bersertifikat pelatihan kemasan produk di Bandung, serta narasumber Kadisnakertranskop dan UM Tanbu Suhartoyo.
Para peserta pelatihan kewirausahaan teknik pengemasan produk selain mendapatkan ilmu kewirausahaan juga mendapat sertifikat pelatihan dari Disnakertranskop dan UM Tanbu. (Rel/MC.Tanbu/wtol)
Bagikan video ini :
 
PRODUKSI : PT. WARTATANBU TERA VISUAL | TENTANG KAMI | PEDOMAN MEDIA SIBER
Copyright © 2011. I Berita daerah I Faktual, Aktual dan Berimbang
Portal berita I www.wartatanbu.com ILiputan Aktual Seputar Kab.Tanah Bumbu
KALIMANTAN SELATAN - INDONESIA